Pengaruh Model Pembelajaran Vct (Value Clarificate Technique) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas V di MIN 12 Medan T.A 2018/2019

Main Author: Novita, Novita
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6861/1/NOVITA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6861/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil Pengaruh Model VCT (Value Clarification Technique) Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PKn Kelas V di MIN 12 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V MIN 12 Medan . Penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dankelas kontrol. Kelas VB sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa, dan kelas VC sebagai kelas control dengan jumlah siswa sebanyak 20 siswa. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN 12 Medan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran VCT (Value Clarification Technique) adalah 81,5. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 79,5. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 25> 2,07.