Peran Kepala Sekolah Sebagai Manajer Dalam Mengembangkan Profesionalitas Guru Di Yayasan Perguruan Utama Medan

Main Author: Siregar, Nini Pebrinasari
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6811/1/skripsi%20nini%20lengkap.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6811/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; a. bagaimana kepala sekolah mengembangkan profesionalitas guru; b. Untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai menejer dalam mengembangkan profesionalitas; c. Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mengembangkan profesionalitas guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Adapun subjek dan informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah SMA Yayasan Perguruan Utama, wakil bidang kurikulum dan guru. Data yang didapatkan dilapangan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan yang terakhir kesimpulan. Kepala sekolah mempunyai kemampuan dalam membangun relasi, dan mampu memberi solusi yang tepat. Kepala sekolah juga mempunyai peran penting dalam organisasi sekolah, apa yang dikerjakannya akan sangat berpengaruh terhadap jalannya proses pendidikan di sekolah, sehingga secara ideal kompetensi kepala sekolah harus dapat menciptakan situasi organisasi pendidikan sekolah yang efektif. Kepala sekolah mengembangkan profesionalitas guru dengan melakukan pembinaan, pelatihan dan melakukan koordinasi terhadap guru, dan untuk mendapatkan guru yang profesional kepala sekolah melakukannya dengan cara merekrut, menempatkan dan menugaskan guru sesuai kemampuannya, agar kepala sekolah mendapatkan guru yang professional. Sebagai manajer kepala sekolah mengembangkan profesionalitas guru yaitu dengan menyusun program sekolah, menyusun organisasi sekolah, membimbing guru dan mengoptimalkan sarana pendidikan dalam mengembangkan profesionalitas guru saat mengajar. Kepala sekolah juga mempunyai rencana profesionalitas tenaga pendidik dengan mengutus para tenaga pendidiknya melakukan kegiatan diklat agar para tenaga pendidiknya semakin paham dan mengerti mengenai tugas dan tanggung jawab mereka dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik.