PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN LEARNING START A QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN 064976 MEDAN TEMBUNG TAHUN.AJAARAN 2018/2019
Main Author: | NASUTION, JUNI SAHLA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6705/1/JUNI%20SAHLA%20NASUTION.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6705/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi Learning start a Question dan pembelajaran Konvensional terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 064976 Medan Tembung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 064976 yang berjumlah 66 siswa, dan sampel yang digunakan pada kelas Va dan Vb. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi, tes yaitu pre-test dan pos-test sebanyak 20 butir soal pilihan berganda. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1)Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan strategi Learning Start a Question pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di kelas V SD Negeri 064976 Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah Baik. Dimana diperoleh nilai pretest sebesar 30.3 dan nilai posttest sebesar 81.2 2) Hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi Sistem Pencernaan Pada Manusia di kelas V SD Negeri 064976 Tahun Pelajaran 2018/2019 adalah Baik. Dimana diperoleh nilai pretest 30.0 dan nilai posttest 70.0 3)Berdasarkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA menggunakan strategi Learning Start a Questiondi kelas V SD Negeri 064976 setelah dilakukan pengujian hipotesis maka terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar IPA siswa yang diajar menggunakan strategi Learning start a question.