STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-MA’ARIF STABAT TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | TAMBUNAN, MILA ARUNIA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6704/1/SKRIPSI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6704/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Al-Ma’arif, (2) Strategi yang digunakan guru dalam mengembangkan kognitif anak di TK Al-Ma’arif,(3) Tantangan Implementasi strategi guru dalam mengembangkan kognitif anak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini: (1) Kepala sekolah, (2) Guru kelas, (3) dan orangtua siswa. Dalam Proses pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu uji kredibilitas dengan teknik triangulasi. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan: (1)Perkembangan kognitif anak berkembang dengan baik dan sesuai dengan harapan, (2) strategi yang digunakan guru lebih kepada strategi Eksipositori karna dapat dilihat dari pengertian dan penjelasan strategi dari guru, strategi yang demikian digunakan untuk dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak secara optimal dan baik, (4) Tantangan yang dihadapi ketika salah seorang anak yang lama berkemabang kognitif nya terutama dalam hal berhitung, dan harus memberikan pengajaran secara bertahap supaya anak dapat memahaminya.