UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKAMATERI BANGUN RUANG MELALUI STRATEGI DLPS (Double Loop Problem Solving) DI KELAS V SDN 101867 DESA PAYA GAMBAR, KEC. BATANG KUIS, KAB. DELI SERDANG
Main Author: | YULIANTY, DWI |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6677/1/SKRIPSI%20DWI%20YULIANTY%20JURUSAN%20PGMI%204%20STAMBUK%202015.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6677/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN 101867 Desa Paya Gambar pada materi Bangun Ruang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 101867 Desa Paya Gambar, tepatnya di kelas V dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Jumlah siswa lakilaki sebanyak 20 orang sedangkan jumlah siswa perempuan sebanyak 13 orang. Berdasarkan hasil tes awal (pree test) terdapat 12 siswa (36,3%) telah tuntas sedangkan 21 siswa (63,7%) tidak tuntas. Ketuntasan klasikal hasil belajar 36,3% dengan nilai rata-rata 68,1. Kemudian dilakukan siklus I melalui strategi pembelajaran Double Loop Problem Solving. Terdapat 20 siswa (60,6%) telah tuntas sedangkan 13 siswa (39,4%) tidak tuntas. Ketuntasan klasikal hasil belajar 60,6% dengan nilai rata-rata 74,5, sehingga belum sesuai dengan nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Karena nilai yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan sekolah sehingga dilanjutkan ke siklus II melalui strategi pembalajaran yang sama. Pada siklus II terdapat 29 siswa (87,8%) tuntas dan 4 siswa (13,2) tidak tuntas, nilai ketuntasan klasikal 87,8% dengan nilai rata-rata 85,7. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika materi bangun ruang melalui strategi Double Loop Problem Solving.