Pengaruh Media Permainan Truth Or Dare Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Mis Al-Washliyah Sei Mencirim
Main Author: | Iklima, Ade |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6643/1/Skripsi%20Ade%20Iklima.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6643/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media permainan Truth or Dare pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV MIS Al-Washliyah Sei Mencirim. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan Truth or Dare pada mata pelajaran Matematika di Kelas IV MIS Al-Washliyah Sei Mencirim. 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan media permainan Truth or Dare dan tanpa penggunaan media permainan Truth or Dare terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas IV MIS Al-Washliyah Sei Mencirim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan media permainan Truth or Dare lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar Matematika di kelas eksperimen (IV A) dengan media permainan Truth or Dare diperoleh rata-rata postest yaitu 75,2, sedangkan pada kelas kontrol (IV B) dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata postest yaitu 62,4. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,290 > 1,7084 pada taraf signifikasi α=0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan media permainan Truth or Dare terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV MIS Al-Washliyah Sei Mencirim.