PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI COOPERATIVE TIPE NUMBER HEAD TOGETHER DAN STRATEGI INDEX CARD MATCH MATERI PENGGOLONGAN HEWAN DI KELAS IV SDIT AL-HIDAYAH MEDAN TEMBUNG
Main Author: | DWITRI, ELSA |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6604/1/Elsa%20Dwitri%20%28Skripsi%29.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6604/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan strategi Kooperatif Learning tipe Number Head Together. 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan metode Index Card Match. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi Cooperative tipe Number Head Together dan strategi Index Card Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Eskperimen dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Al-hidayah Medan Tembung yang terdiri dari 53 siswa, yang dibagi menjadi dua yaitu kelas IV-A sebagai kelas Eksperimen A dan IV-B sebagai kelas Eksperimen B. Hipotesis yang diajukan adalah Ho Tidak terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara pembelajaran Cooperative tipe Number Head Together dengan metode Index Card Match pada materi penggolongan hewan Ha yaitu terdapat perbedaan hasil belajar IPA dengan strategi Cooperative Tipe Number Head Together dan Strategi Index Card Match Materi Penggolongan Hewan. Dalam penelitian ini diperoleh thitung sebesar 5,321 dengan taraf signifikan α= 0,05 dk = n1 + n2-2 (dk = 24+29-2 = 51) maka thitung = 5,321 dan ttabel = 1,675. Hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima yang menyatakan terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi Cooperative tipe Number Head Together dan strategi Index Card Match.