Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Contextual Teachingand Learning(Ctl) Pada Pembelajaran Ipamateri Bagian-Bagian Pada Tumbuhandi Kelas Iv Mis Parmiyatu Wassa’adah Tembung Percut Sei Tuan T.P. 2018/2019
Main Author: | Putri, Dian Amalia |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6580/1/Skripsi%20Dianamaliaputri_doc.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6580/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS PARMIYATU WASSA’ADAH Tahun Pelajaran 2018/2019 sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPA dalam bentuk pilihan berganda pada materi bagian-bagian pada tumbuhan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS PARMIYATU WASSA’ADAH yang berjumlah 34 orang, yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Dari penelitian ini dihasilkan temuan sebagai berikut: (1) Penerapan Strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Hasil penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA materi bagian-bagian pada tumbuhan. Pada saat pretest nilai rata-rata kelas sebesar 40,88 dengan tingkat ketuntasan 8,82% dan pada saat siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 71,47 dengan tingkat ketuntasan 58,82% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 87,05 dengan tingkat ketuntasan mencapai 97,05%. Maka dapat simpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran IPA pada materi bagian-bagian pada tumbuhan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV MIS PARMIYATU WASSA’ADAH Tahun Pelajaran 2018/2019.