Pengaruh Model Vct (Value Clarificate Technique) Terhadap Hasil Belajar Pkn Di Kelas V Min Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan Kabupaten Deli Serdang T.A 2018/2019

Main Author: Sari, Fizri Yuni
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6565/1/SKRIPSI%20FIZRI%20YUNI%20SARI%20JURUSAN%20PGMI%20I%20STAMBUK%202015.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6565/
Daftar Isi:
  • Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil siswa tanpa menggunakan model VCT pada mata pelajaran PKN di kelas V MIN Sei Mati Kec. Medan Labuhan. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model VCT pada mata pelajaran PKN di kelas V MIN Sei Mati Kec. Medan Labuhan. 3) Apakah terdapat pengaruh penggunaan model VCT (Value Clarificate Technique) dan tanpa menggunakan model VCT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN di kelas V MIN Sei Mati Kec. Medan Labuhan. Penelitian ini merupakan penelitianQuasi Eksperimen yang dilakukan di kelas VMIN Sei Mati Medan Labuhan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 3 kelas bejumlah 62 orang. Sampel yang digunakan peneliti hanya dua kelas yaitu kela seksperimen dan kelaskontrol. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 20 soal yang telah divalidkan kedosen ahli dan siswa. analisis data yang digunakan yaitu t-test. Berdasarkan hasilpenelitian yangdilakukanpadakelas V MIN Sei Mati, menunjukkanbahawa hasil belajar yang diajarkan dengan model VCT lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional. Hasil belajar PKN di kelas Eksperimen (V-A) Model VCT rata-rata post test yaitu 83, 25, sedangkan hasil belajar PKN di kelas kontrol (V-B) dengan metode konvensional diperoleh rata-rata post test 81,5. Berdasarkan hasil beljar dengan pembelajaran Model VCT lebih baik dibandingkan metode pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan dari hasil hipotesis diperoleh yaitu 69,80 > 2,09 pada taraf signifikasi α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pengaruh penggunaan model VCT terhadap hasil belajar PKN di kelas V MIN Sei Mati Kec. Medan Labuhan.