Penerapan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Dalam Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mis Az Zuhri Di Wilayah Sumut Desa Medan Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Tahun Pelajaran 2017/2018
Main Author: | Azyyati, Nur |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6561/1/SKRIPSI%20NUR%20AZYYIATI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6561/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman kepala sekolah, tim pengembang, dan guru tentang pengertian sekolah berbasis kearifan lokal, bentuk kearifan lokal yang dikembangkan, strategi pengembangan, dan implementasi sekolah berbasis kearifan lokal MIS Az Zuhri di Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, tim pengembang, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman pengertian sekolah berbasis kearifan lokal antara kepala sekolah, tim pengmbang, dan guru sama. Kepala sekolah memahami sekolah berbasis kearifan lokal sebagai kondisi sekolah yang menerapkan kearifan lokal kedalam suasana pembelajaran sehingga dapat menjadikan motivasi didalam belajar. Tim Pengembang memahami sekolah berbasis kearifan lokal sebagai penerapan pembelajaran dengan mengintegrasikan kearifan lokal setempat. Guru memahami sekolah berbasis kearifan lokal untuk mengkaitkan pembelajaran dengan kearifan lokal yang ada disekitar. Kearifan lokal yang dikembangkan di MIS Az Zuhri adalah Seni Nasyid, Da’i Cilik, Hsf, dan bentuk kearifan lokal lainnya. MIS Az Zuhri melakukan 5 strategi pengambangan sekolah berbasis kearifan lokal yaitu membuat team work, menyiapkan fasilitas penunjang, melakukan strategi pelaksanaan, malkukan kerjasama dengan pihak luar, dan menjalin kerjasama dengan masyarakat. Bentuk implementasi Sekolah berbasis kearifan lokal di MIS Az Zuhri dapat dilihat dari pengintegrasian kearifan lokal dalam mata pelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler