Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri Kisaran

Main Author: Nainggolan, Mega Rahma Putri
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6381/1/IMPLEMENTASI%20KURIKULUM%202013%20DALAM%20PELAKSANAAN%20BIMBINGAN%20DAN%20.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6381/
Daftar Isi:
  • Implementasi kurikulum adalah bagian yang tak terpisahkan dari pengembangan kurikulum (curriculum development) dan merupakan tindak lanjut dari konstruksi dokumen kurikulum (curriculum construction). Ada tiga tahapan dalam implementasi kurikulum yaitu merancang kurikulum, mengimplementasikan kurikulum dan mengevaluasi kurikulum tersebut. Implementasi Kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi harus melibatkan semua komponen (stakeholders), termasuk komponen-komponen yang ada dalam sistem pendidikan itu sendiri. Komponen-komponen tersebut antara lain adalah kurikulum, rencana pembelajaran, proses pembelajaran, mekanisme penilaian, kualitas hubungan, pengelolaan pembelajaran, pengelolaan sekolah atau madrasah, pelaksanaan pengembangan diri peserta didik, pemberdayaan sarana dan prasarana, pembiayaan serta etos kerja seluruh warga dan lingkungan sekolah atau madrasah Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) dengan mengamati dan mencari data secara langsung ke lokasi penelitian dan objek yang di teliti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah di sekolah MAN Kisaran telah terlaksananya kurikulum 2013 dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling. Objek yang akan diteliti adalah beberapa siswa, guru mata pelajaran lintas minat, guru bimbingan dan konseling dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa MAN Kisaran telah melaksanakan lintas minat dengan efektif meski belum efesien.