Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sumber Daya Alam Melalui Strategi Pembelajaran Poster Comment (Mengomentari Gambar) Di Kelas IV SD IT Zahira Medan Perjuangan T.A 2018/2019
Main Author: | Pasaribu, Yusdarlina |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6331/1/Yusdarlina_pdf.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6331/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan strategi poster comment pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD IT Zahira Medan Perjuangan (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan strategi poster comment pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD IT Zahira Medan Perjuangan (3) Penerapan strategi poster comment pada mata pelajaran IPA materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD IT Zahira Medan Perjuangan. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian di kelas IV terdiri dari 22 siswa. (1) Berdasarkan hasil pemberian Tes Awal (Pra Siklus) diperoleh data hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 23% dengan nilai rata-rata 55,6. (2) Pada siklus I hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 50% dengan nilai rata-rata 60,67. (3) Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 87% dengan nilai rata-rata 80. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa meningkatnya hasil belajar siswa dan minat belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan model poster comment, yang dapat dilihat melalui minat belajar dan kinerja guru.