Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kesiapan Belajar Siswa di Mas Lab Ikip Al-Wasliyah Medan

Main Author: Padilah, Rizki
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6297/1/skiripsi%20risk%20ipadilah.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6297/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah kurangnya kesiapan belajar siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, seperti saat pembelajaran berlangsung masih ada siswa yang melamun, ada juga siswa yang bercanda pada proses pembelajaran berlangsung dan terdapat siswa yang tidak memiliki buku panduan belajar atau LKS. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar dapat dipengaruhi oleh layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil observasi yang dilakukan di sekolah Mas Lab Ikip Al-Wasliyah Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa Masl Lab Ikip Al-Wasliyah Medan Jumlahnya secara keseluruhan adalah sebanyak 70 siswa orang. Sedangkan yang dijadikan sampel sebanyak 40 yang diambil dari seluruh siswa kelas X dan XI. Alat pengumpul datanya adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian di atas, bahwa ada pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok terhadap kesiapan belajar siswa di Mas Lab Ikip Al-Wasliyah Medan. Dari hasil perhitungan uji t yang menggunakan independet sample t-test, maka diperoleh nilai t-test sebesar 0,005, dan nilai thitung sebesar 2,009 dan ttabel sebesar 1.99085 maka nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,009>1.99085 ) maka dapat diambil kesimpulan Ho di tolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan kesiapan belajar siswa.