Pengaruh Model Pembelajaran Nht (Numbered Head Together) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas V Sd Negeri 101882 Pasar Viii Desa Buntu Bedimbar Kecamatan Tanjung Morawa

Main Author: Sasmita, Aprila Pegi
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6258/1/SKRIPSI%20APRILA%20PEGI%20SASMITA-PDF.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6258/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika Di Kelas VSDNegeri 101882 Pasar VIII Desa Buntu Bedimbar Kecamatan Tanjung Morawa. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang dilakukan di kelas V SD Negeri 101882 Pasar VIII Desa Buntu Bedimbar. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 101882 Pasar VIII Desa Buntu Bedimbar, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) adalah 82,097. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 77,242. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh atau 2.945 > 1,99.