Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model SNOWBALL THROWING Mata Pelajaran IPS Materi Keunikan daerah di Kelas IV MIN 4 Kota Medan

Main Author: Ramadhanty, Suci
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6256/1/Suciramadhanty_pdf.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6256/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Snowbal Throwing pada mata pelajaran IPS materi Keunikan Daerah di kelas IV MIN 4 Kota Medan (2) Hasil belajar siswa setelah menggunakan model Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS materi Keunikan Daerah di kelas IV MIN 4 Kota Medan (3) Penerapan model Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS materi Keunikan Daerah di kelas IV MIN 4 Kota Medan. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian di kelas IV terdiri dari 35 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu : (1) observasi (2) wawancara (3) tes. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar siswa sebelum di terapkannya model pembelajaran Snowball Throwing masih sangat rendah, hal ini dapat dilihat dai nilai rata-rata siswa sebesar 58 dan yang tuntas belajar hanya 13 orang (37,14%). (2) Penerapan model Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS materi keunikan daerah siklus I memiliki persentase ketuntasan hasil belajar klasikal 51,42% dengan nilai rata-rata 65,71. (3) Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasiskal 68,57% dengan nilai rata-rata 73,42. (4) Pada siklus III hasil belajar siswa memiliki 85,71% dengan nila rata-rata 81,14. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa peningkatannya hasil belajar siswa dan minat belajar ssiwa setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan model Snowball Throwing, yang dapat dilihat melalui minat belajar dan kinerja guru.