Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Kesejahteraan Pedagang Pasar (Studi Kasus Pedagang Pusat Kota Medan)

Main Author: Nasution, Ya’ti Ikhwani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6193/1/combinepdf.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6193/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh etika bisnis Islam dengan variabel kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebaikan terhadap kesejahteraan pedagang Pusat Pasar Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuisioner yang diperoleh langsung dari responden yaitu pedagang Pusat Pusat Pasar Medan. Dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS Versi 22. Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan bahwa adanya pengaruh parsial dan simultan yang signifikan antara variabel kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebaikan terhadap kesejahteraan pedagang Pusat Pasar Medan. Untuk variabel kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebaikan berpengaruh positif terhadap kesejahteraan pedagang Pusat Pasar Medan. Nilai adjusted R square adalah 0,355. Hal ini berarti 35,5% peningkatan kesejahteraan dapat dijelaskan oleh variabel independen yaitu variabel kesatuan, keseimbangan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebaikan. Sedangkan 65,5% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.