Evaluasi Program Pembinaan Guru

Main Authors: Asrul, Asrul, Nasution, Inom, Karima, Muhammad Kaulan, Juliani, Juliani
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6158/1/44%20DRS%20ASRUL.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6158/
Daftar Isi:
  • Evaluasi program merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk mengetahui sejauh mana program tersebut telah terlaksana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi, kendala dan hambatan pelaksanaan program, serta upaya untuk mengatasi kendala dan hambatan program pembinaan guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi terhadap Program Pembinaan Guru di MAN 1 Medan. Hasil penelitian ini adalah program pembinaan guru yang dilaksanakan di MAN 1 Medan yaitu: peningkatan kualifikasi pendidikan guru, penyetaraan dan sertifikasi guru, pelatihan terintegrasi berbasis kompetensi, supervisi pendidikan, pemberdayaan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), simposium guru. Kendala mengalami kendala yang dipengaruhi oleh faktor yaitu faktor struktural, faktor personal guru, faktor ekonomis guru, faktor sosial, dan faktor budaya. Tiga hal yang menjadi hambatan dalam kemajuan pendidikan sebagai berikut: a). Kesiapan pemerintah daerah dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas, b). Lemahnya monitoring dan evaluasi, c). Formulasi supervisi kelembagaan yang dianggap masih lemah, Upaya dalam pembinaan kompetensi guru keagamaan di MAN 1 Medan yang dilakukan pemerintah tidak pernah berhenti berupaya meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan tenaga pendidik khususnya guru. Pemerintah telah melakukan langkah-langkah strategis dalam kerangka peningkatan kualifikasi, kompetensi, kesejahteraan serta perlindungan hukum dan perlindungan profesi bagi mereka.