Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) di Kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.A 2018/2019
Main Author: | Ainun, Nur |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6145/1/SKRIPSI%20NUR%20AINUN%20NIM.%2035143074.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6145/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) di Kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.A 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa yang berjumlah 182 siswa, yang terdiri dari 5 kelas. Dan kelas yang menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen pertama yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen kedua yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil analisis data yang dilakukan dengan Uji-t ini menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dan NHT (Numbered Heads Together) di Kelas VII MTs Swasta Nurul Iman Tanjung Morawa T.A 2018/2019. Dan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini sesuai dengan nilai rataan hitung hasil belajar matematika siswa di kelas eksperimen A1 dengan perolehan nilai rata-rata 68,33 dan kelas eksperimen A2 dengan perolehan nilai rata-rata 76,25.