Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Air dan Peristiwa Alam Dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas V SDN 106805 Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang
Main Author: | Rahmah, Wahidah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6142/1/SKRIPSI%20WAHIDA.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6142/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran IPA Materi Daur Air dan Peristiwa Alam sebelum dan sesudah penerapan Model Pembelajran Numbered Heads Together (NHT) di kelas V SDN 106805 Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 106805 Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 37 orang. Berdasarkan hasil tes awal (pree test) terdapat 6 siswa (16%) telah tuntas sedangkan 31 siswa (84%) tidak tuntas ketuntasan klasikal hasil belajar 16% dengan rata-rata 60,5. Kemudian di lakukan siklus I dengan penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together terdapat 22 orang siswa (59%) sedangkan 15 orang (41%) tidak tuntas, ketuntasan klasikal hasil belajar sebesar 59% dengan nilai rata-rata 64,3, sehingga belum sesuai dengan nilai KKM yang telah di tetapkan oleh sekolah yaitu 70. Karena nilai yang di peroleh belum mencapai KKM yang di tentukan sekolah sehingga di lanjutkan ke siklus II dengan menggunakan model yang sama. Pada siklus II terdapat 37atau semua siswa (100%) tuntas. Nilai klasikal hasil belajar siswa sebesar 100% dengan nilai rata-rata 79 jadi dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA Materi Daur Daur Air dan Peristiwa Alam dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together.