Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Materi Metamorfosis Melalui Model Quantum Teaching Kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019
Main Author: | Suriani, Dary |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6136/1/SKRIPSI%20DARY%20SURIANI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6136/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis sebelum menggunakan model quantum teaching di MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019. 2) Untuk mengetahui penerapan model quantum teaching pada mata pelajaran IPA materi metamorfosis di kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan, yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini menggunakan tes hasil bejar IPA dalam bentuk pilihan ganda dengan materi Metamorfosis. Tes ini dilakukan sebanyak tiga kali yaitu, tes pra tindakan (pre test), tes hasil belajar I (post test I), dan tes hasil belajar II (post tes II). Berdasarkan hasil penelitian pada tes awal (pre test) di kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan. Persentase ketutantsan klasikal dipeoleh 7 siswa (26,0%). Kemudian setelah diberi tindakan, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikkal 19 siswa (70,4%) sedangkan pada siklus II diperoleh hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 25 siswa (92,6%) Dari hasil tes belajar di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapann model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIN Sei Mati Kecamatan Medan Labuhan T.A. 2018/2019.