Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 106805 Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang
Main Author: | Devi, Yoshinta |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6133/1/SKRIPSI%20YOSHINTA%20DEVI%202019-converted.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6133/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe GQGA dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 106805 Desa Manunggal Kecamatan Labuhan Deli Kab. Deli Serdang Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 106802 yang berjumlah 73 dan sampel yang digunakan adalah kelas VA dan VB. Intstrumen penelitian berupa tes, yaitu pretest dan posttest sebanyak 10 soal piliha ganda dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t. Temuan penelitian ini membuktikan bahwa 1) terdapat pengaruh stratergi pembelajaran aktif tipe GQGA terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V, dengan strategi GQGA siswa memperoleh rata-rata nilai 87,03. 2) terdapat pengaruh pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V dengan perolehan nilai rata-rata 75,00. Hal ini juga dibuktikan dengan pengujian dimana thitung > ttabel yaitu 1,900 > 1,670. Ha diterima dan H0 ditolak, dengan demikian