Pengaruh Kemampuan Guru dalam Merencanakan Pembelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2017.

Main Author: Harahap, Haisuma Hidayastri
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/6080/1/SKRIPSI%20LENGKAP%20PDF.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/6080/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kemampuan Guru dalam merencanakan pembelajaran pai terhadap hasil belajar Kelas VII SMPN 17 Medan Tahun Ajaran 2017. Berlokasi di Jl. Kapten Zamil Lubis Kab.Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang terdiri dari kelas VII 1 – VII 9 yang berjumlah 324 siswa, sedangkan yang dijadikan sebagai sampel berjumlah 48 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode quesioner (angket) dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti berhasil memperoleh data kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran PAI dengan rata-rata hitung (X) sebesar 50,81 kategori sedang dan hasil belajar siswa dengan rata-rata hitung (Y) sebesar 84,60 kategori sedang. Nilai uji normalitas variabel X (disiplin belajar) L-hitung sebesar 0,0563 dengan nilai L-tabel sebesar 0,1280 dan data berdistribusi normal dengan acuan L-hitung < L-tabel, sedangkan untuk variabel Y (hasil belajar ) diperoleh L-hitung 0,1268 < L-tabel 0,1280 dan data berdistribusi normal. Pada pengujian hipotesis diperoleh rxy = 0,330 dengan kategori kuat atau tinggi. Untuk hasil koefisien determinan diperoleh 11,3569 % berarti menyatakan (Ha) diterima “Terdapat Pengaruh Kemampuan Guru dalam Merencanakan Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar siswa Kelas VII SMPN 17 Medan Tahun Ajaran 2017.