Pengaruh Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK IT Nurul Ilmi Medan Estate Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2017/2018
Main Author: | Rahma, Tri Tauvika |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/6078/1/TRI%20TAUVIKA%20RAHMA%20%28PIAUD%202%20STAMBUK%202014%29%20-%20Copy.pdf http://repository.uinsu.ac.id/6078/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Kemampuan Bercerita Anak menggunakan Media Kartu Gambar Pada Kelompok B Di TKIT Nurul Ilmi. (2) Kemampuan Bercerita Anak menggunakan Media Big Book Pada Kelompok B Di TKIT Nurul Ilmi. (3) Pengaruh yang Signifikan Media Kartu Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Pada Kelompok B Di TKIT Nurul Ilmi. Penelitian ini dilaksanakan di TKIT Nurul Ilmi Medan Estate Percut Sei Tuan, pada tanggal 21, 25, 28,31 Mei 2018, dengan jumlah anak yang diteliti berjumlah 30 orang anak, yang terdiri dari 15 anak di kelas eksperimen dan 15 anak di kelas kontrol, jenis penelitian ini dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini digunakan One Grup Pretest-Postest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media kartu gambar berpengaruh terhadap kemampuan bercerita anak pada kelompok B di TKIT Nurul Ilmi. Hal ini tergambar dengan hasil rata-rata 6,0. Sehingga kemampuan bercerita anak di kelas eksperimen lebih tinggi atau lebih baik dari pada kelas kontrol yang memperoleh rata-rata 2,6. Hasil hipotesis bahwa media kartu gambar berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan bercerita anak dengan memperoleh hasil uji hipotesis thitung > ttabel yaitu 2,65>2,048 pada taraf α= 0,05 dengan tingkat kepercayaan 95 %. Dengan demikian hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima yaitu media kartu gambar terhadap kemampuan bercerita anak pada kelompok B di TKIT Nurul Ilmi Medan Estate TA.2017/2018.