Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV MIS Al-Hidayah Percut Sei Tuan

Main Author: Lestari, Septi Ayu
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5819/1/GABUNGAN%20SKRIPSI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5819/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) penggunaan metode Role Playing pada mata pelajaran PKn, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn, 3) pengaruh yang signifikan antara metode Role Playing terhadap hasil belajar PKn. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV di MIS Al-Hidayah Percut Sei Tuan. Sampel ditentukan melalui teknik Total Sampling. Berdasarkan teknik tersebut, diperoleh kelas IV-A sebagai kelas eksperimen (dengan Metode Role Playing) dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol (dengan pembelajaran Konvensional). Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn yang dikumpulkan melalui tes objektif pilihan ganda. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) Penggunaan metode Role Playing pada proses pembelajaran PKn dengan cara siswa bermain peran yang sudah ditentukan oleh guru topik/masalahnya untuk dipecahkan bersama oleh siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Role Playing, siswa melakukan kerjasama untuk memainkan perannya masing-masing. Setelah itu masing-masing kelompok yang menjadi penonton mempresentasikan kesimpulannya. 2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV di MIS Al-Hidayah pada kelas eksperimen (IV-A) yang diberi perlakuan menggunakan metode Role Playing memperoleh nilai rata-rata post test = 87,20 dan hasil belajar siswa kelas kelas kontrol (IV-B) yang diberi perlakuan menggunakan pembelajara konvensional memperoleh nilai rata-rata post test = 75.60. 3) Berdasarkan hasil uji t dimana dperoleh thitung > ttabel3,467>2,011 (n = 25) dengan taraf signifikan 0,05 yang menyatakan terima Ha dan tolak H0.Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Role Playing berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV di MIS Al-Hidayah Percut Sei Tuan.