Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Index Card Matchpada Mata Pelajaran Ipa Materi Perubahan Lingkungan Fisik Di Kelas IV MIS Nurul Fauzi Stabat Kab. Langkat

Main Author: Nisa, Khairatun
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5763/1/SKRIPSI%20FULL%20NISA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5763/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Index Card Match (2) hasil belajar siswa setelah menggunakan Model Index Card Match (3) pelaksanaan Model Index Card Match (4) respon belajar siswa siklus I dan siklus II. Jenis penelitian ini berupa PTK (Penelitian Tindakan Kelas), dengan subjek penelitian kelas IV terdiri dari 37 sorang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa: (1) Hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapat nilai rata-rata 42,0 . (2) Hasil belajar siswa setelah penggunaan model index card matchpada siklus I nilai rata-rata menjadi 44,5 . sedangkan hasil bealjar siswa pada siklus II meningkat lagi menjadi 80,5 nilai rata-rata siswa . (3) Pelaksanaan model index card match dengan cara mennggunakan model index card matchsecara abstrak pada siklus I dan siklus II dengan menggunakan model index card match secara jelas dan kontras. (4) Respon belajar siswa pada siklus I kategorikan rendah dan pada siklus II dikategorikan sangat tinggi. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model index card match dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi Perubahan Lingkungan Fisik Di Kelas IV MIS Nurul Fauzi Stabat Kab. Langkat.