Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Mata Pelajaran IPS Materi Proklamasi Kemerdekaan Pada Kelas V MIS Nurul Fauzi Stabat Kab. Langkat

Main Author: Mukhairani, Riza
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5762/1/SKRIPSI%20FULL%20RIZA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5762/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi proklamasi kemerdekaan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick pada kelas V MIs Nurul Fauzi Stabat Kab. Langkat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas V MIS Nurul Fauzi yang terdiri dari 25 siswa. Obyek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi proklamasi Kemerdekaan. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, dan (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Taling Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V-B MIs Nurul Fauzi pada mata pelajaran IPS materi Proklamasi Kemerdekaan. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum melaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 47,2 dengan kentusan klasikal 16% dan tergolong katergori “Sangat rendah”. Dan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 73,6 dengan ketuntasan klasikal 52% dan tergolong kategori “sedang”. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 82,8 dan ketuntasan klasikal 84% dan tergolong kategori “sangat tinggi”.