Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MIS Nurul Hadina Patumbak
Main Author: | Yuswita, Yuswita |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/5758/1/SKRIPSI%20YUSWITA%20NIM.%2036.14.4.045.pdf http://repository.uinsu.ac.id/5758/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) tehadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan materi operasi pecahan di MIS Nurul Hadina Patumbak. Hasil temuan dengan menggunakan uji t dan teknik analisis liliefors, menunjukkan (1) hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran dengan model pembelajaran konvensioanal dikelas VC MIS Nurul Hadina Patumbak sebelum diberiperlakuan rata-rat pre tessiswasebesar 40,73 dannilai post tesdikelaskontroladalahsebesar 62,29. (2) hasilbelajarsiswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dikelas VB MIS Nurul Hadina Patumbak sebelum diberi perlakuan rata-rata pre tes siswa sebesar 43,28, dan setelah diberikan perlakuan rata-rata post test siswa sebesar 79,53. (3) terdapat pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MIS Nurul Hadina Patumbak. Hal ini sesuaidengan perhitungan uji t diperoleh angka sebesar 4,63 sedangkan ttabel 1,664 maka terbukti bahwa terdapat penagruh pendekatan yang signifikan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) di MIS Nurul Hadina Patumbak . Simpulan dalam penelitian menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) lebihbaikdaripada rata-rata hasil belaja rmatematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi operasi pecahan di MIS Nurul Hadina Patumbak.