Perbedaan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Antara Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (Nht) Dan Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Kelas VII MTs. Al Washliyah Kolam Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Lubis, Nurul Warninda
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5747/1/SkripsiNurulwarninda.pdf.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5747/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Team Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Al Washliyah Kolam Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 74 siswa. Analisis data dilakukan adalah uji t. Hasil temuan ini menunjukkan: 1) Terdapat kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada materi segi empat di kelas VII MTs. Al Washliyah Kolam dengan kategori Baik dalam SKBK; 2) Terdapat kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi segi empat di kelas VII MTs. Al Washliyah Kolam dengan kategori Kurang Baik dalam SKBK; 3) Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada kelas VII MTs. Al Washliyah Kolam. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa siswa lebih mampu berpikir kreatif dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dibandingkan dengan menggunakan Pembelajaran Kooperatif tipe Team Game Tournament pada siswa kelas VII MTs. Al Washliyah Kolam tahun ajaran 2017/2018.