Pengaruh model pembelajaran Drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di SD Negeri 101880 Kec. Tanjung Morawa Kab. Deli Serdang

Main Author: Siregar, Intan Permata Hati
Format: Bachelors PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Pendidikan IPS FITK UINSU , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5729/1/SKRIPSI%20MURNI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5729/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model pembelajaran drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan IPA di SD Negeri 101880 Desa Buntu Bedimbar, Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101880 Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 55 siswa dan sampelnya adalah kelas V-A berjumlah 27 dan kelas V-B yang berjumlah 28 siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 16. Hasil Temuan ini menunjukkan : 1)Kemampuan hasil belajar siswa pada pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya yang sudah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran drill meningkat dari sebelumnya. 2) Nilai rata-rata siswa yang diperoleh lebih baik yakni mencapai 7,74 kategori baik dari nilai sebelum mendapat perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran drill yaitu 4,67 (kurang baik) 3) Terdapat pengaruh model pembelajaran drill terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan IPA di SD Negeri 101880 Desa Buntu Bedimbar, Kec. Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang T.A 2017/2018. Yakni penggunaan model pembelajaran drill meningkatkan hasil belajar siswa pelajaran IPA dibandingkan dengan model Konvensional.