Analisis Langkah-Langkah Pemecahan Masalah Matematika Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (Spldv) Dalam Pembelajaran Kooperatif Problem Posing Kelas VIII MTs Al Washliyah Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang Tp. 2017/2018
Main Author: | Nahdiyah, Khofipatun |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/5660/1/SKRIPSI%20KHOFIPATUN%20NAHDIYAH.pdf http://repository.uinsu.ac.id/5660/ |
Daftar Isi:
- Pemecahan masalah matematika adalah salah satu dari lima kemampuan yang disarankan oleh NCTM untuk ditumbuhkan dalam diri peserta didik. Terdapat empat langkah-langkah dalam pemecahan masalah yang harus dikuasai oleh siswa yaitu memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana pemecahan masalah, dan memeriksa kembali. Fokus dalam penelitian ini adalah langkah-langkah pemecahan masalah siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I, untuk menentukan subjek penelitian menggunakan pemilihan sampel bertujuan (purposive sample), dipilih 5 subjek untuk mewakili setiap klasifikasi langkah-langkah pemecahan masalah siswa untuk memberikan informasi langkah-langkah yang dilakukan oleh subjek tersebut. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes, wawancara, dokumentasi, dan metode observasi. Langkah-langkah dalam analisis data adalah reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa: untuk kelompok baik sekali siswa telah mampu melaksanakan keempat langkah-langkah pemecahan masalah. Untuk kelompok baik siswa mampu melaksanakan keempat langkah-langkah tetapi masih terdapat kesalahan dalam perhitungan. Untuk kelompok cukup dari empat langkah-langkah siswa belum mampu melakukan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali. Untuk kelompok kurang, hanya mampu melaksanakan langkah pertama. Untuk kelompok kurang sekali siswa tidak mampu melaksanakan keempat langkah-langkah pemecahan masalah.