Pentingnya Memahami Perkekmbangan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di SD IT Ummi Darussalam Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Maha, Fitri Ani
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5648/1/BAB%20I%20punya%20BATAK.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5648/
Daftar Isi:
  • Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemahaman guru terhadap perkembangan peserta didik dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD IT Ummi Darussalam (2) usaha yang dilakukan dalam meningkatkan minat belajar siswa di SD IT Ummi Darussalam, (3) Hambatan yang dihadapi dalam meningkatkan minat belajar siswa dan upaya yang dilakukan untuk menanggulanginya. Adapun metode yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, penuli menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisianya, penulis menggunakan tekhnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data tertulis atau hasil dari wawancara dari orang yang telah diamati. Sehingga dalam hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara keseluruhan tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian yang dilakukan di SD IT Ummi Darussalam Bandar Setia Kecamatan Percut Sei Tuan KAbupaten Deli Serdang menunjukkan bahwa guru di SD IT Ummi Darussalam belum sepenuhnya memahami pertumbuhan fisikpeserta didik yang ditunjukkan ketikamemilih media dan sumber belajar kurang memperhatikan perbedaan individual. Guru wali kelas belum sepenuhnya memahami perkembangan intelektual peserta didik dengan baij yang ditunjukkan ketika pembelajran guru lebih dominan menggunakan LKS daripada media.