Persepsi Guru Tentang punishment Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Medan Tembung

Main Author: Naldi, Anri
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5562/1/TESIS%20ANRI.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5562/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) Bagaimanakah persepsi guru tentang punishment di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung? Dan 2) Bagaimanakah implementasi Punishment dalam pembelajaran yang dilakukan guru di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomologi.Teknik penarikan sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan pengamatan, wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah areduksi data, kategorisasi data, sintesisasi, dan diakhiri dengan menysusun hipotesis kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi guru tentang punishment adalah hukuman yang mendidik yang memberikan efek jera kepada siswa karena telah melakukan pelanggaran, yang tujuannya untuk memperbaiki tingkah laku, kepribadian, akhlak dan kedisiblinan. 2) Implementasi pemberian punishment yang dilakukan ada dua: Pertama, dilakukan secara umum yaitu sesuai dengan peraturan di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Medan Tembung. Kedua, dilakukan secara khusus oleh guru dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung. Pemberian punishment yang dilakukan guru telah di implementasikan dalam proses pembelajaran dan kegiatan diluar jam pembelajaran dengan tujuan, fungsi dan dasar-dasar pemberian punishment, serta menggunakan strategi penggabungan antara metode dan teknik punishment dalam proses pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Medan Tembung.