Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Di Mts Nurul Iman
Main Author: | Siagian, Kartika Sari |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/5547/1/skripsi%20word%20tika.pdf http://repository.uinsu.ac.id/5547/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: Implementasi Fungsi-Fungsi Manajemen Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Guru Di Mts Nurul Iman Tanjung Morawa. Penelitian ini dilakukan di Mts Nurul Iman Tanjung Morawa Jl. Pasar XIII Kelurahan Limau Manis Tj. Morawa, Kabupaten Deli Serdang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan deskriptif. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengujian keabsahan datanya dilakukan dengan cara credibiltas, transferabilitas, dependabilitas, dan confirmabilitas. Dalam pelaksanaan penelitian ini peneliti memilih Jenis penelitian Kualitatif, pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data penulis melakukan wawancara, observasi, dokumentasi dan uji keabsahan data. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan fungsi-fungsi manajemen kepala sekolah di Mts Nurul Iman Tanjung Morawa tergolong baik, terbukti dari terpenuhinya semua kegiatan dalam proses pelaksanaan fungsi fungsi manajemen Kepala Sekolah. Secara garis besar terdapat dua faktor yang berpengaruh terhadap mutu pembelajaran, di antaranya: 1) Faktor pendukung yang meliputi, kepemimpinan kepala sekolah, koordinasi dan kerjasama serta keterampilan guru dalam mengelola kelas, 2) Faktor penghambat meliputi, sarana dan prasarana, anggaran atau pembiayaan pendidikan serta rendahnya kualitas pendidik. Implikasi dari penelitian ini adalah Penerapan fungsi manajemen dalam meningkatkan mutu pembelajaran harus dikondisikan dengan anggaran belanja sekolah serta konsep strategis sebagai pengantisipasian dari faktor penghambat yang dapat menguras waktu dan tenaga pendidik seperti guru dan tenaga kependidikan lainnya