PENINGKATAN KREATIVITAS MELALUI TEKNIK KOLASE PADA ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM TERPADU INSAN MADANI TAHUN AJARAN 2017/2018
Main Author: | Husnah, Azuratul |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/5532/7/SKRIPSI%20AZURATUL%20HUSNAH%20%20NIM%2038143025.pdf http://repository.uinsu.ac.id/5532/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kreativitas anak kelompok B sebelum dilakukannya teknik kolase di TK.Islam Terpadu Insan Madani, 2) pelaksanaan teknik kolase dalam meningkatklan kreativitas anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani, 3) ada peningkatan kreativitas setelah dilakukannya teknik kolase pada anak kelompok B di TK. Islam Terpadu Insan Madani Teknik penelitian yang dilakukan adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subjek pada penelitian ini adalah 14 anak kelompok B TK. Islam Terpadu Insan Madani Bandar Setia yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Target keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 75% anak mengalami peningkatan kreativitas melalui teknik kolase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kreativitas anak meningkat setelah adanya tindakan melalui teknik kolase. Pada saat dilakukan observasi pratindakan, persentase kreativitas sebesar 50%, kemudian mengalami peningkatan pada Siklus I sebesar 62% dan pada pelaksanaan Siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 80,78%. Langkah-langkah yang ditempuh sehingga kreativitas anak meningkat adalah: kegiatan pra-pengembangan, kegiatan pengembangan, dan kegiatan penutup. Pemberian pengarahan aktif dilakukan pada saat kegiatan pengembangan dan pemberian reward pada saat kegiatan penutup.