Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Materi Perubahan Kenampakan Bumi Dan Langit Di Kelas IV MIS Al-Ikhlasiyah 02 Jermal 3 Medan
Main Author: | Mardiana, Mardiana |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/5375/1/SKRIPSI%20DIANA.pdf http://repository.uinsu.ac.id/5375/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan , pelaksanaan , observasi, dan refleksi melalui penerapan model Jigsaw pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Langit di Kelas IV Mis Al-Ikhlasiyah O2 Jermal 3 Medan. Subjek penelitian adalah siswa / I kelas IV dengan jumlah siswa/ I 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa 1) penggunaan model Jigsaw merupakan model pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.(2) Respon siswa dalam menerapkan model Jigsaw sangat baik dan positif.(3) Melalui model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa , hal ini terbukti dari nilai rata- rata siswa pada Pra- siklus 42,5% pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata- rata 72,5% Pada siklus II diperoleh nilai rata- rata 84,28%. Dengan demikian penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil sehingga peneliti merekomendasikan penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi Perubahan Kenampakan Bumi dan Langit.