Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Kecemasan Belajar Siswa Di Kelas XI MIA 4 MAN 2 Deli Serdang Tahun Ajaran 2017/2018

Main Author: Amalia, Cut
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5202/1/SKRIPSI%20PDF.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5202/
Daftar Isi:
  • Untuk mengetahui pengaruh kecemasan belajar siswa terhadap prestasi belajar, untuk mengetahui upaya guru BK dalam mengatasi Kecemasan belajar siswa dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru BK dalam menghadapi siswa yang mengalami kecemasan saat belajar serta mengetahui upaya dalam mengatasi kendala yang dihadapi guru BK dalam menghadapi kecemasan belajar yang dialami siswa MAN 2 Deli Serdang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah guru BK, kepala sekolah dan beberapa orang siswa. Adapun temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Kecemasan belajar siswa memang berpengaruh karena faktor yang menjadi penyebab dia mengalami kecemasan belajar pastinya akan menghambat prestasi belajar siswa; (2) Adapun upaya guru BK dalam mengatasi kecemasan belajar siswa adalah dengan memberikan layanan informasi, layangan orientasi, layanan konseling individu, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, dan layanan mediasi; (3) Kendala yang dihadapi guru BK dalam menghadapi siswa yang mengalami kecemasan belajar adalah dengan kekurangannya tenaga guru BK dan guru BK yang bukan berlatarbelakang BK; (4) Dalam mengatasi kendala yang di hadapi, maka guru BK diberikan pelatihan, seminar – seminar dan workshop terkait dengan Bimbingan Konseling, agar menambah wawasan tentang BK.