Hubungan Persepsi Siswa Tentang Pemberian Penghargaan Dan Hukuman Dengan Motivasi Belajar Matematika Siswa Mts Al–Azhar Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang
Main Author: | Nur, Sri Fauziah |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/5188/1/SKRIPSI.pdf http://repository.uinsu.ac.id/5188/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di MTs. Al-Azhar Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi siswa tentang pemberian penghargaan dan hukuman dengan motivasi belajar matematika MTs. Al-Azhar Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Pendekatan penlitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian korelasional, serta menggunakan metode pengumpulan data berupa metode observasi, interview, dan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs. Al-Azhar Kec. Hamparan Perak Kab. Deli Serdang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 sebanyak 33 siswa. Pengukuran validitas instrumen dan pengukuran reliabilitas angket dilakukan menggunakan program IBM SPSS 19. Data dianalisis menggunakan uji regresi berganda dengan program IBM SPSS 19. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang pemberian penghargaan dengan motivasi belajar matematika siswa, dimana hasil koefisien korelasi sebesar 0,384; (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifkan antara persepsi siswa tentang pemberian hukuman dengan motivasi belajar matematika, dimana koefisien korelasi sebesar 0,978;(3) Terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang pemberian penghargaan dan hukuman dengan motivasi belajar matematika, dimana diperoleh R sebesar 0,385. Angka tersebut mengandung arti bahwa persepsi siswa tentang pemberian penghargaan berpengaruh terhadap motivasi belajar matematika sebesar 38,5%. Sedangkan sisanya 61,5% variabel motivasi belajar matematika akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam pemelitian ini.