PENGARUH MODEL PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS AGAMA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS MATERI PERILAKU KESEIMBANGAN HIDUP DUNIA DAN AKHIRAT PADA MADRASAH TSANAWIYAH SWASTA INSAN CITA MEDAN

Main Author: Azhari Fadilah Sirait, Trian
Format: Bachelors NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.uinsu.ac.id/5065/1/COVER.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5065/2/ABSTRAK.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5065/3/BAB%20I.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5065/4/BAB%20II.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5065/5/BAB%20III.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5065/6/BAB%20IV.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5065/7/BAB%20V.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5065/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.uinsu.ac.id/5065/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengujian hipotesis ada atau tidak pengaruh yang signifikan dalam penerapan model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif design semi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) motivasi belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat berkembang baik pada kelas eksperimen namun tidak pada kelas kontrol, akan tetapi peningkatan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hasil belajarnya adalah signifikan dan kurang signifikan; 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat berkembang baik, akan tetapi pengaruh model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat tidak mempengaruhi atau kurang signifikan. Pelitian ini hanya bersifat meguji model penerapan pendidikan karakter berbasis agama. Peneliti hanya terfokus pada ruang lingkup pegujian teori dan tidak terlalu mengkaji dan membahas seberapa besar pegaruh model penerapan pendidikan karakter berbasis agama terhadap motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran al-quran hadis materi perilaku keseimbangan hidup dunia dan akhirat. Kata Kunci :Pendidikan Karakter, Motivasi Belajar, Hasil Belajar