Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan pemahaman diri siswa di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU Medan melalui layanan informasi.Hal ini berakibat pada rendahnya pemahaman diri siswa kelas X-2 sehingga diperlukannya layanan informasi dalam menigkatkan pemahaman diri siswa.Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah layanan informasi dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas X-2 di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU Medan T.A 2017/2018”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah layanan informasi dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas X-2 di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai bulan Mei 2018.Tempat penelitian dilaksanakan di Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU Medan jalan Williem Iskandar Pasar V, kelurahan Medan Estate.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan konseling.Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-2 yang berjumlah 39 orang siswa.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket pemahaman diri. Berdasarkan hasil analisis data siswa pada angket awal yang berikan (prasiklus) diperoleh persentase 30% dengan jumlah siswa 12 orang siswa dan mengalami peningkatan di siklus I dengan hasil persentase 48% dengan jumlah siswa 19 orang siswa dan masih dalam kriteria sedang dan belum mencapai kriteria yang telah ditetapkan. Untuk itu perlu dilakukan tindakan siklus II.Hasilnya pada siklus II terjadi peningkatan pemahaman diri dengan kriteria sangat tinggi dengan perolehan hasil 79% dengan jumlah siswa 31 orang siswa.Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman diri siswa kelas X-2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU Medan telah mengalami peningkatan.Maka hipotesis yang menyatakan bahwa melalui pemberian layanan informasi dapat meningkatkan pemahaman diri siswa kelas X-2 Madrasah Aliyah Laboratorium UIN SU Medan Tahun Ajaran 2017/2018.