PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA DI SMP NEGERI 38 MEDAN
Main Author: | Sutriyani, Sutriyani |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4961/1/COVER%203.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4961/2/ABSTRAK%203.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4961/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4961/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4961/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4961/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4961/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4961/8/DAFTAR%20PUSTAKA%203.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4961/ |
Daftar Isi:
- Penelitaian ini, bertujuan untuk mengatahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 38 Medan pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif denganmetode penelitian korelasional. Populasinya adalah seluruh siswa SMP Negeri 38 Medan pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 797 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Adapun kelas yang dipakai dalam penelitian ini adalah kelas VII-5 yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan analisis data, nilai rata-rata hasil angket pendekatan pembelajaran saintifik sebesar 61,429 sedangkan nilai hasil tes kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika sebesar 60,886. Untuk uji normalitas pada pendekatan pembelajaran saintifik sebesar Lhitung = 0,0880 dan kemampuan berfikir keratif dalam pembelajaran matematika sebesar Lhitung = 0,0772, dimana nilai Ltabel = 0,1498 karena Lhitung < Ltabel dengan demikian dapat disimpulkan kedua variabel berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas diperoleh Fhitung -18,256 dan Ftabel -1,757 karena Fhitung>Ftabel sehingga kedua variabel tersebut tidak homogen. Dan untuk pengujian hipotesis diperoleh hitung = 0,613 dan tabel =2,042 karena hitung<tabel yaitu 0,613<2,042 berarti Ha diterima Ho ditolak. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh yang tidak signifikan pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan berfikir kreatif dalam pembelajaran matematika siswa di SMP Negeri 38 Medan.