PELAKSANAAN HIDDEN CURRICULUM DALAM INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI MTs MUHAMMADIYAH 13 TANJUNG MORAWA
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Bentuk-bentuk hidden curriculum yang ada di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa, 2. Pelaksanaan hidden curriculum dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa, dan 3. Untuk mengetahui seberapa perlunya hidden curriculum dilaksanakan dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian naturalistik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh kesimpulan: Bentuk-bentuk hidden curriculum di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa yaitu: Apel pagi, pelantunan asmaul husna, mengucapkan salam, pemberian hormat, berdoa sebelum memulai pembelajaran, salat Zuhur berjamaah, infak jumat, membaca Alquran, kegiatan 3S (senyum, sapa, dan salam), kegiatan sabtu bersih. Pelaksanaan Hidden Curriculum dalam Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Islam di MTs Muhammadiyah 13 Tanjung Morawa diterapkan melalui dua bentuk pembiasaan, yaitu sebagai berikut: 1. Pembiasaan Terjadwal, meliputi: a. Apel Pagi, b. Pelantunan Asmaul Husna, c. Pemberian Hormat, d. Berdoa Sebelum Belajar, e. Salat Berjamaah, f. Infak Jumat, g. Membaca Alquran, dan h. Kegiatan Sabtu Bersih. 2. Pembiasaan Spontan, meliputi: a. mengucapkan salam dan b. kegiatan 3S (senyum, sapa, dan salam).