Daftar Isi:
  • Penelitian ini untuk mendeskripsikan Pola Kepemimpinan Kepala Perpustakaan Dalam Pengelolaan Unit Perpustakaan Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data : wawancara, observasi berperanserta, dan studi dokumen. Langkah menganalisis data adalah menyusun data, menghubungkan data, mereduksi data, menyajikan data, kemudian di simpulkan. Untuk mengkaji data di lakukan uji Kredibilitas (credibility), Keteralihan (tranferability), Ketergantungan (dependability), Kepastian (confirmability). Temuan penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Perpustakaan Dalam Pengelolaan Unit Perpustakaan di Madrasah sudah di buat dalam program rencana tahunan dalam pengadaan buku referensi, Melibatkan kepala madrasah dan kepala perpustakaan menyusun rencana tahunan perpustakaan. Objek perencanaan adalah pengelolaan unit perpustakaan bagi pengguna jasa (peserta didik, guru, staf, dan tamu), (2) Kepemimpinan Kepala Perpustakaan Dalam Pengelolaan Unit Perpustakaan berjalan sebagaimana mestinya. Hal ini bisa di lihat dari gaya kepemimpinan, komunikasi, dan pengambil keputusan, (3) Faktor Pendukung Dalam Pengelolaan Unit Perpustakaan sumber daya manusia (pustakawan), buku BOS, (4) Faktor Penghambat Dalam Pengelolaan Unit Perpustakaan Dana, sarana prasarana perpustakaan, pelatihan yang kurang, dan minimnya koleksi buku. Saran untuk perbaikan agar semua stakeholders bekerjasama untuk bisa kembali meningkatkan pengelolaan dan pengadaan sarana prasarana perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan.