PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIN SINEMBAH DESA MEDAN SENEMBAH KECAMATAN TANJUNG MORAWA DELI SERDANG
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1)Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. 2)Hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA. 3)Pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran inkuiri dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 101 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel ialah purposive sample. instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan adalah t-test. berdasarkan penelitian didapatkan hasil pre test rata-rata siswa untuk kelas eksperimen adalah sebesar 55,5 dan kelas kontrol sebesar 49. dan pada hasil post test rata-rata siswa untuk kelas eksperimen adalah sebesar 75 dan kelas kontrol sebesar 60. Dengan diperoleh hasil belajar siswa diatas, dapat diketahui bahwa persentase peningkatan hasil belajar siswa pada kelas kontrol diperoleh sebesar 35% dan pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai sebelum perlakuan (pre-test)dengan rata-rata nilai setelah perlakuan (post-test).