Analisis kesulitan belajar matematika pada materi garis singgung lingkaran di kelas viii madrasah tsanawiyah islamiyah tanjung kasau Tahun pelajaran 2017/2018
Main Author: | Khairiah, Arnida windy |
---|---|
Format: | Bachelors NonPeerReviewed Image Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uinsu.ac.id/4748/1/Cover%20.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4748/2/Abstrak%20.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4748/3/BAB%20I.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4748/4/BAB%20II.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4748/5/BAB%20III.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4748/6/BAB%20IV.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4748/7/BAB%20V.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4748/8/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.uinsu.ac.id/4748/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada pelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Islamiyah Tanjung kasau. penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Islamiyah tanjung kasau semester genap tahun pelajaran 2017-2018 yang memiliki kesulitan belajar. data dikumpulkan dengan cara observasi partisifatif, dokumentasi dan wawancara. hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 35 siswa yang diwawancara dan menyelesaikan soal dan kesulitan dalam memahami materi garis singgung lingkaran. siswa berkesulitan dalam memahami yang telah dijelaskan oleh guru matematika dan sulit menerapkan yang sudah dijelaskan dalam menjawab soal. siswa juga lupa rumus-rumus yang terdapat dalam garis singgung lingkaran. dengan demikian dapat disimpulkan bahwa siswa sulit dalam memahami materi garis singgung lingkaran di karenakan siswa sulit memahami garis yang dinyatakan bersinggung sehingga siswa tidak mengerti garis singgung lingkaran singgung linkaran persekutuan dalam dan luar karena siswa tidak memahami gambar dan rumus dari geris singgung persekutuan dalam dan luar serta siswa menggambarkan garis singgung lingkaran dikarenakan siswa tidak mengetahui yang dikatakan jarijari lingkaran, jarak kedua lingkaran dan langkah-langkah dalam menggambarkan garis singgung lingkaran siswa tida dapat menjelaskan konsep garis singgung lingkaran karena siswa tidak mengerti garis singgung.