Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada materi Kerajaan-kerajaan Islam di Nusantara dengan menggunakan media visual. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sesuai dengan jenis penelitian, maka penelitian ini memiliki tahap-tahap penelitian berupa siklus. Siklus pada penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V-c MIN Sinembah sebanyak 19 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut standar KKM mata pelajaran IPS adalah 75, sebelum diterapkan media visual. Hasil yang diperoleh dari 19 siswa terdapat 3 siswa (15,78%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 16 siswa lainnya (84,21%) masih belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 45,26%. Setelah pemberian tindakan menggunakan media visual dapat meningkat. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I yakni dari 19 siswa terdapat 9 siswa (47,36%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 10 orang siswa lainnya (52,63%) yang masih belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 62,10%. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada tindakan siklus II yakni terdapat 14 orang siswa (73, 68%) yang sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 5 orang siswa lainnya (26,31%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 72,57%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media visual dapat meningkatkan hasil belajar materi kerajaan-kerajaan islam di nusantara mata pelajaran IPS pada kelas V MIN Sinembah Desa Medan Sinembah Kecamatan Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang.