Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Penyajian Data Di Kelas Vii Mts Islamiyah Medan T.P 2017/2018
Daftar Isi:
- Kemampuan komunikasi matematis siswa merupakan aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII pada pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelititan ini adalah 6 siswa kelas VII-A MTs Islamiyah Medan yang berasal dari siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan komunikasi matematis siswa diukur berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis yakni (1) Kemampuan mengekspresikan ide-ide matematis melalui lisan, tulisan, dan mendemonstrasikannya serta menggambarkannya secara visual; (2) Kemampuan memahami, menginterpretasikan, dan mengevaluasi ide-ide matematis secara tertulis, maupun dalam bentuk visual lainnya; (3) Kemampuan dalam menggunakan istilah-istilah, notasi-notasi matematika dan struktur-strukturnya untuk menyajikan ide-ide, menggambarkan hubungan-hubungan dengan model-model situasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) subjek dengan kemampuan tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik pada setiap indikator baik indikator 1, 2 dan 3; (2) subjek dengan kemampuan sedang juga memiliki kemampuan komunikasi matematis yang cukup baik pada indikator 1 dan 2 dan kurang baik pada indikator 3; (3) subjek dengan kemampuan rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis yang kurang baik pada setiap indikator.