Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Make A Match terhadap kemampuan pemecahaan masalah matematika siswa kelas VII MTS Al-Wasliyah Kolam Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa Kelas VII MTS Al-Wasliyah Kolam Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Digunakan 2 kelas sebagai sampel, yakni kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen 2. Analisis data dilakukan dengan uji t dan analisis deskriptif. Dari hasil uji regresi linear sederhana diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) memberi pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu, 274,5326 > 4,15 dan model pembelajaran kooperatif Make A match memberi pengaruh terhadap kemampuan pemecahaan masalah matematika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 585,2415 > 4,15. Pada uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf nyata α = 0,05 diperoleh harga thitung = 3,108, dan ttabel= 1,996, dengan demikian diperoleh harga thitung>tbael atau 3,108 > 1,996, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. dari data diatas dapat disimpulkan penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan Make A Match terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MTS Al-Wasliyah Kolam Medan Tahun Ajaran 2017/2018.