Daftar Isi:
  • tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together ( NHT) dan pembelajaran ekspositori pada kelas VII MTs PAB I HELVETIA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quashi eksperimen ( eksperimen semu). analisis data dilakukan dengan rumus statistik uji t hasil temuan dalam penelitian ini menunjukan : 1) hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif type numbered head together (NHT) memperoleh nilai 78.56 . 2)hasil belajar matematika pada kelas kontrol yang diajar dan pembelajaran ekspositori memproleh nilai rata rata 73.00. 3) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT), dengan pembelajaran ekspositori pada kelas VII MTs PAB I HELVETIA. Kata kata Kunci :Hasil belajar matematika, model belajar kooperatif tipe numbered head together (NHT), pembelajaran ekspositori.