Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam mengembangkan multiple intelligences siswa kelas VII di SMP Karya Bunda Kec. Percut Sei Tuan, (2) untuk mengetahui faktor pendukung guru PAI dalam mengembangkan multiple intelligences di kelas VII, (3) untuk mengetahui faktor pendukung upaya guru PAI dalam mengembangkan multiple intelligences siswa di kelas VII. Adapun metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis pendekatan fenomenologis, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, pengecekan keabsahan data dengan menggunakan teknik keterpercayaan (creadibility) dengan usaha perpanjang pengamatan, ketekunan pengamatan dan triangulasi Berdasarkan Hasil Penelitian ini dapat diketahui bahwa: Adapun upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Siswa Kelas VII di SMP Karya Bunda. Pertama, pengembangan multiple intelligences siswa kelas VII dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Kedua, pengembangan multiple intelligences siswa kelas VII dengan cara saat di kelas pembelajaran berpusat kepada siswa dan guru sebagai fasilitator. Ketiga, pengembangan multiple intelligences siswa kelas VII dengan cara menggunakan media pada saat proses pembelajaran. 2) Adapun faktor pendukung guru PAI dalam mengembangkan multiple intelligences siswa kelas VII dari faktor internal yaitu adanya dukungan dari guru lainnya yang juga ikut serta dalam mengembangkan multiple intelligences pada siswa, baik kepala sekolah maupun guru bidang study lainnya. 3) Adapun faktor penghambat guru PAI dalam mengembangkan multiple intelligences siswa kelas VII yaitu, dari faktor internal yaitu kurangnya Fasilitas sekolah, guru masih menggunakan fasilitas seadanya, seperti media yang masih terbatas. Dari faktor eksternal yaitu kurangnya pelatihan peningkatan kualitas guru. Kata kunci : Mengembangkan, Multiple Intelligences, Pendidikan Agama Islam.