Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini berdasarkan kepada rendahnya pemahaman siswa tentang pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Transportasi di kelas lV SD Muhammadiyah 11 Medan Barat dengan nilai rata- rata kelas pada tes awal adalah sebesar 44,76 di mana siswa yang berhasil mencapai ketuntasan adalah 4 siswa (10%). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa dalam belajar pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Transportasi dengan menggunakan strategi Kooperatif Tipe Jigsaw pada kelas IV SD Muhammadiyah 11 Medan Barat. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 1 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 11 Medan Barat dengan jumlah siswa 21 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman siswa dalam belajar mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Transportasi meningkat. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 44,76 dan jumlah siswa yang berhasil mencapai kriteria ketuntasan sebanyak 11 siswa atau sebesar 52,38 %. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 84,76 dengan jumlah siswa yang berhasil mencapai ketuntasan 18 siswa atau sebesar 85,71 %. Berdasarkan hasil tersebut dapat di buktikan bahwa penggunaan pembelajaran strategi tipe jigsaw terbukti efektif untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran siswa dalam belajar.